Pages

2/17/2017

Pengertian, Jenis, dan Contoh Conjunction



A. Pengertian

Conjunction merupakan salah satu bentuk dari Part of Speech yang berupa kata atau frasa yang berfungsi untuk menghubungkan antara dua kata, frasa atau kalimat. Kata sambung dalam bahasa inggris dan bahasa indonesia sebenarnya sama saja karena kata sambung memang selalu ada didalam tata bahasa apapun. Hanya memang dalam bahasa inggris ada beberapa kata sambung yang harus dipahami betul rumusannya agar tidak salah baik dalam memahami ataupun mengucakannya. Oleh karena itu, pelajari dengan benar beberapa kata sambung (conjunction) terutama dalam bentuk correlative conjuntion.

B. Jenis dan Contoh Conjuntion

1. Coordinate Conjunction
     Merupakan kata yang menghubungkan kalimat satu dengan yang lainnya yang sederajat. Artinya masing-masing kalimat dapat dipahami sekalipun berdiri sendiri-sendiri tanpa kata penghubung. Yang termasuk coordinate conjunction adalah For, And, Nor, But, Or, Yet, So yang bisa dilafalkan dengan singkatan FANBOYS.
Ex :
- You and I are eating together, I love you but you don't love me.
- I want to buy apple for my dinner.
- She nor he finish the test.
- John play music well, but he can't sing.
- You have to go right now, so you won't miss the bus.

2. Correlative Conjunction
     Merupakan kata hubung yang dipakai untuk menghubungkan unsur-unsur kalimat antara kata dengan kata, frasa dengan frasa, dan klausa dengan klausa (seperti halnya coordinate conjunction). Conjunction jenis ini selalu berpasangan. Yang termasuk correlative conjuntion adalah Not only & but also, neither & nor, either & or, not & but.
Ex :
- Either I take a ten minutes to walk every day or I join the gym for a month.
- My mother is not only a good in speaking english, but also in speaking arabic.

Catatan untuk correlative conjunction :

  •  Jika subject singular dan plural digabungkan, maka subject yang paling dekat akan menentukan apakah verb itu singular atau plural. 
  •  Struktur grammarnya harus sama. Misal, jika kalimat pertama menggunakan present tense, maka kalimat kedua juga harus menggunakan kalimat present tense.


3. Subordinate Conjunction
     Merupakan kata yang menghubungkan antara anak kalimat dan induk kalimat. Artinya jika kita tidak menggunakan kata sambung, maka salah satu kalimat sulit untuk bisa dimengerti maksudnya apabila ia berdiri sendiri. Yang termasuk subordinate conjunction adalah  While, Whether, Where, Before, After, Then, As, Since, Because, Although/though/even/though, How, Until, atau yang biasa disingkat dengan WWW.BATASBAHU.
Ex :
- I have started gaining weight because I haven't exercised lately.
- Sh always smile though she's in deep blue.
- The proposal will never be approved until the requirements filled.
- My friend always asked me whether I and Thidarat are lovers or not.
- I will pick you up at 9 o'clock after I finish my job.

4. Adverbial Conjunction
     Merupakan kata hubung yang berfungsi pula sebagai Adverb. Sebagai kata hubung kata ini menghubungkan dengan logis dua independent clause, sedangkan sebagai Adverb, untuk menerangkan clause kedua. Yang termasuk adverbial conjunction adalah also, however, rather, thus.
Ex :
She's not bad; rather, she's very kind.
(Dia tidak jahat; sebaliknya, dia sangat baik).

Oke sobat, sekian dulu pembahasan kita pada kesempatan kali ini. Semoga artikel diatas bermanfaat untuk sobat semua dan jangan lupa berkunjung kembali di Studi Bahasa Inggris dan nantikan artikel-artikel bermanfaat lainnya.
www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com