Pages

2/02/2018

Pengertian dan Contoh Finite & Non-finite Verbs

Image result for Finite and Nonfinite Verbs


Pengertian  Finite & Non-finite Verbs

Finite Verb adalah kata kerja utama dalam kalimat Bahasa Inggris. Jenis kata kerja ini adalah yang sama sekali tidak ditemani oleh auxiliary ataupun diubah bentuknya menjadi present participle (verb-ing). Hal terpenting mengenai jenis kata kerja ini adalah hanya digunakan pada bentuk present tense serta past tense yang notabene sama sekali tidak melibatkan auxiliary verb.

Non-Finite Verb sebetulnya adalah kebalikan dari Finite Verb. Bila Finite Verb adalah kata kerja utama dalam bahasa Inggris dan tak dapat diubah dengan menggunakan auxiliary verb, maka Non-Finite bisa diubah menjadi kata kerja yang berbentuk sebagai participle, gerund, infinitive, kata sifat, dan kata keterangan.



Penjelasan Beserta Contoh Finite & Non-finite Verbs

Dalam kata kerja bahasa inggris perlu dijelaskan kedua istilah di atas. Untuk mendapatkan kejelasan tersebut, kita perhatikan kata kerja write dengan bentuk-bentuk konjugasinya yaitu, write, writes, wrote, writing dan written.
Perhatikan kalimat-kalimat berikut.
- I write two letters every day.
- He writes two letters every day.
- She writes two letters every day.
- We write two letters every day.
- They write two letters every day.
- I/He wrote two letters every day.
- *I/He/You writing two letters.
- *I/He/They/We written two letters.

Tanda *(asterisk) dalam artikel ini dipakai untuk menunjukkan bahwa bagian kalimat tersebut tidak gramatik. Dalam contoh-contoh diatas write, writes, dan wrote disebut finite verbs, yaitu kata kerja yang :

1. Bentuknya sesuai/ber-concord dengan subjeknya. Dalam contoh diatas kita melihat persesuaian antara I/we/they dengan write dan he/she dengan writes.
2. Berfungsi sebagai predicator dalam klausa atau kalimat.
3. Mempunyai posisi setelah subjek dalam kalimat pernyataan (termasuk dalam kalimat menyangkal).

Bentuk writing dan written dalam contoh diatas disebut non-finite verbs, dan kedua kalimat diatas tidak gramatik karena tidak mempunyai finite verbs. Kedua kalimat tersebut bisa menjadi gramatik bila kita memasukkan kata kerja finite, seperti :

- I am writing two letters.
- He is writing two letters.
- You are writing two letters
- I have written two letters.
- He has written two letters.

Dalam contoh diatas am, is, are, have dan has adalah finite verbs, karena sesuai dengan subjeknya I, he, she, you, we, they, sedangkan writing dan written adalah non-finite.

Selanjutnya perhatikanlah contoh-contoh berikut.
(a) I write letters.
(b) I am writing a letters.
(c) We have been writing letters.
(d) They should have been writing letters.

Dalam kalimat (a) kata write dalam satu kata disebut verb, sedangkan dalam contoh-contoh lainnya am writing, have been writing, should have been, karena terdiri dari lebih satu kata kerja maka disebut phrasal verb (frasa kata kerja). Dalam kalimat-kalimat di atas  hanya write, am, have, dan should yang disebut finite verb, sedangkan writing adalah non-finite verb. Bentuk ini tidak berubah untuk subjek we maupun they. Dalam kalimat (c) have adalah finite verb, sebab ditempatkan setelah subjek, sedangkan pada kalimat (d) have buka finite verb sebab ditempatkan setelah kata bantu should; jadi should lah sebagai finite verb sebab ditempatkan setelah subjek they.

Demikian pula written dalam contoh-contoh berikut ini adalah non-finite.
- I have written letters.
- She has written letters.
- They will have written letters.
- We should have written letters.

Untuk segala subjek I, she, they, dan we bentuk written tetap tidak berubah. Itulah non-finite!

Dari contoh-contoh diatas kesimpulan kita adalah bahwa dalam sebuah klausa bentuk kata kerja pertama selalu finite dan kalau hanya ada satu bentuk kata kerja, maka bentuk itu adalah finite verb, yaitu :

Showing distinction of grammatical person and number in a verb or verb form.
(kata kerja atau bentuk kata kerja yang memperlihatkan perbedaan gramatik dalam pesona dan jumlah). (Webster's New Collegiate Dictionary, 1981 : 427).

Mudahnya, selain finite verb adalah non-finite verb yaitu :
Infinitive seperti to write dalam :
I am to write letters.
She wants to write letters.

Gerund seperti writing dalam :
Writing english is not easy.
His hobby is writing novels.

Present Participle seperti writing dalam :
I am writing letters.
I have been writing letters.

Past Participle seperti written dalam :
I have written two letters.
The letters have been written.

Oke sobat, sekian dulu pembahasan kita pada kesempatan kali ini. Semoga artikel diatas bermanfaat untuk sobat semua dan jangan lupa berkunjung kembali di Studi Bahasa Inggris dan nantikan artikel-artikel bermanfaat lainnya.


www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com